Indorama Logo
benita

Berita

Pengawas PBB memuji Uzbekistan untuk kemajuan tentatif tentang pekerja anak

November 1st, 2014

Tashkent ( AFP ) - Seorang ahli dengan Organisasi Buruh Internasional memuji eksportir kapas utama Uzbekistan untuk membuat kemajuan tentatif dalam bergerak penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak.

Harri Taliga , seorang ahli dengan pengawas tenaga kerja PBB yang berbasis di Uzbekistan , mengatakan negara Asia Tengah yang dilakukan untuk pertama kalinya tahun ini pemantauan sendiri upaya yang dipimpin pemerintah untuk memberantas penggunaan pekerja anak di ladang kapas nya.

"Saya dapat mengatakan bahwa Uzbekistan telah menangani dengan baik monitoring sendiri dari pekerja anak pada kapas panen , " kata Taliga , yang membantu pemerintah Uzbek dalam program pemantauan.

"Hal yang membaik, " katanya saat presentasi pada hari Jumat.

Pada tahun 2008 , Uzbekistan meratifikasi Bentuk Terburuk pengawas untuk Anak Konvensi Buruh dan menyetujui program nasional untuk menghapuskan pekerja anak.

Tahun ini , Uzbekistan - dengan bantuan dari ILO - dilakukan pemantauan sendiri upaya untuk menghilangkan penggunaan anak-anak di bawah 18 untuk memetik kapas mengikuti rekomendasi dari pengawas.

"Pemantauan dilakukan oleh Uzbekistan dengan bantuan teknis dari ILO merupakan kelanjutan dari upaya monitoring bersama Uzbekistan dan ILO pada 2013," kata Taliga.

"Saya pribadi sangat senang mengetahui bahwa banyak rekomendasi yang dibuat tahun lalu setelah pemantauan bersama kami telah dilaksanakan tahun ini."

Dia menambahkan bahwa hasil akan ditinjau oleh para ahli ILO di Jenewa pada tahap berikutnya.

Selama panen kapas tahun ini kelompok monitoring Uzbek diidentifikasi 49 kasus di mana pemuda di bawah 18 hadir di bidang kapas , menurut laporan hasil pemantauan.

Laporan tersebut menyatakan bahwa 41 dari mereka memetik kapas - di inisiatif sendiri atau atas inisiatif orang tua mereka.

Akibatnya sejumlah petani dan direktur perguruan didenda total 12 juta jumlah ( $ 5.000 ) , kata laporan itu.

Uzbekistan , dunia eksportir kapas terbesar kelima , diproduksi 3,3 juta ton kapas tahun ini.